Perlukah antivirus Untuk Pengguna Android?

image by Vinayak SP
RARES MEDIA - Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan Android Inc untuk ponsel layar sentuh, tablet, tv dan komputer. Finansial Android Inc didukung oleh raksasa internet Google sebelum akhirnya diakuisisi pada tahun 2005 silam. Pada tahun 2007 Android diluncurkan secara resmi dengan nama Android Alpha, terus berkembang sampai saat ini mencapai Android Pie 9.0 dengan pengguna yang membanjir melalui berbagai macam smartphone.

Hal ini membuat peluang emas kepada pelaku criminal cyber untuk meraup keuntungan dengan menyebarkan virus atau meretas smartphone dari jauh tanpa disadari oleh penggun Android.  

Bagaimana Cara Kerja Virus di Android?
Banyak pengguna komputer yang mendapati virus karena mengklik iklan atau promo semacamnya di internet bahkan ada situs yang memiliki program aktif apabila dikunjungi. Berbeda halnya jika kita berbicara virus di Android, dimana virus hanya bisa berjalan jika pengguna menginstall aplikasi diluar toko resmi milik Google yakni Play Store.

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi yang bertebaran diinternet, Play Store memiliki keamanan berlapis dan beberapa pemindaian kepada setiap developer yang ingin aplikasinya muncul di Google Play Store.

Intinya tergantung pada pengguna itu sendiri, jika kamu suka mendownload dan menginstall aplikasi diluar toko resmi seperti Google Play Store atau Amazon App Store sebaiknya mencari aman dengan mengintall aplikasi antivirus seperti AVG atau Avast yang cukup baik dalam memindai virus.

Sebaliknya jika androidmu hanya digunakan bermedia sosial atau bermain game dan tidak suka mencoba-coba aplikasi yang belum keluar secara resmi atau masih dalam tahap beta sayang rasanya jika ada antivirus di androidmu karena dapat mengonsumsi daya lebih banyak saat proses pemindaian antivirus tersebut berjalan.
Life is really simple, but we insist on making it complicated. - Confucius

Comments