Modus Penipuan *21*nomor# dan cara menangkalnya


RARES MEDIA - Akhir-akhir ini sering terjadi maraknya penipuan daring terhadap pengguna ojek online seperti Gojek maupun Grab. Berita terbaru datang dari artis yang juga musisi kondang, Maia Estianty yang menjadi korban kejahatan oknum mitra ojek online dimana pelaku memanfaatkan fitur call forwarding.
Modusnya berawal saat Maia memesan makanan melalui ojek online (GoFood). Pada saat pesanan diterima oleh pelaku saat itu ia berdalih bahwa motornya mogok dan meminta Maia untuk mencari driver lain dengan arahan dari driver Maia menekan *21* yang diikuti oleh nomor si pelaku.
Tanpa disadari Maia itu adalah kode USSD yangf digunakan untuk mengalihkan panggilan telpon ke nomor lain. Tujuan utama nya adalah untuk mengambil alih akun korban. 

Dilaporkan Liputan6.com, pakar keselamatan siber, Pratama Persadha mengatakan, kode *21* pada dasarnya sebagai kode pengalihan panggilan.

CARA KERJA CALL FORWARDING
1. Pelaku meminta Maia mengetik *21*(Nomor Pelaku)#.
Contoh : *21*0821789122xx#
2. Setelah Maia mengetikkan angka tersebut maka semua panggilan telpon termasuk OTP melalui sambungan telpon yang masuk ke nomor Maia akan dialihkan ke nomor pelaku.

Jika berhasil mengalihkan panggilan maka akan muncul pop-up pemberitahuan seperti berikut yang memberitahu bahwa fitur call forwarding berhasil diaktifkan.
CARA MEMBATALKAN CALL FORWARDING
Korban yang merasa dirinya secara tidak sengaja telah mengalihkan panggilan telpon nya cukup tekan ##002#, maka akan muncul pesan seperti berikut.


Gambar diatas bukan berarti anda sudah mengalihkan panggilan, karena pada percobaan yang sudah kami lakukan baik dalam keadaan forward ataupun tidak hasil pop-up pemberitahuan nya sama saja.

Tapi tidak ada salahnya untuk keamanan anda menekan ##002# untuk membatalkan alihan panggilan telpon yang masuk ke nomor. Sekian.
stay in bubble, secure your soul - Nikhil

Comments