Cara Membuat Daftar Isi Otomatis


RARES MEDIA - Dalam pembuatan sebuah makalah, buku panduan, penulisan skripsi dan bentuk dokumen lainnya pasti membutuhkan sebuah daftar isi yang menjadi komponen penting untuk pembaca dalam mencari hal yang relevan sehingga tidak membuang banyak waktu untuk melihat halaman satu-persatu.

Sebelumnya sudah ada artikel diblog ini mengenai cara membuat daftar isi yang rapih tapi itu secara manual, berbeda dengan sebelumnya. Dalam artikel ini menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis dengan menggunakan ribbon references, table of content.

STEP 1 - Buat references level 1
  • Blok baris yang akan dimasukkan kedalam daftar isi
  • Klik Ribbon References
  • Klik Add Text
  • Klik Level 1 ( opsional )
Level 1 digunakan sebagai parent, level 2 dan level 3 menjadi child nya
Lakukan hal serupa untuk semua baris yang ingin dimasukkan kedalam daftar isi
Perbedaan pada setiap level yang dipilih akan berpengaruh pada bagian daftar isi yang akan ditampilkan nanti, dimana semakin naik level nya maka baris nya akan menjadi kedalam seperti contoh diatas.

STEP 2 - Menampilkan Daftar Isi
  • Klik References 
  • Klik Table of content 
  • Klik Automatic Table 2 ( opsional )
Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut :
Pada text Table of Content bisa diganti dengan Daftar Isi. secara default nomor halaman akan mengikuti page dari angka 1 sampai akhir. jika ingin buat nomor halaman berbeda, silahkan buka link nya disini.
Pada cara diatas adalah contoh saja, tapi tetap bisa dikreasikan dengan kebutuhan anda sendiri.
Positive thinking will let you do everything better than negative thinking will. - Zigg Ziglar

Comments